Postingan

Menampilkan postingan dari Oktober, 2010

DIY : Battery untuk percobaan Emergency / Portable Jump Starter pada Aerio

Tadi sore newbie melakukan percobaan kecil pada Aerio :D Bermula dari battery bekas UPS yang "dibuang" dan newbie coba charge dengan accu charger. Ternyata aki tersebut masih mampu menyimpan strom cukup lama, bahkan dapat menghidupkan lampu H3 55 volt yang merupakan bohlam lampu foglamp mobil. Wah mayan terang nih buat lampu senter :D Hmmm kalo ditaro di mobil asik juga, eh kenapa ndak sekalian sebagai emergency jump starter aja ?

Yang menjadi kendala adalah pada tipe battery itu sendiri (bekas battery UPS), memang memiliki 12 voltase, tapi merupakan tipe Deep Cycle Battery yang artinya battery tersebut cukup tahan untuk dipakai mendekati habis dan dicharge penuh secara berulang-ulang. Berbeda dengan accu mobil yang justru diharapkan mampu Ampere yang besar pada saat melakukan Starter / menghidupkan mesin. Jadi accu mobil perlu Cold Crank Ampere yang memadai untuk menyalurkan arus listrik yang besar seketika untuk dapat memutar mesin. Hmmm perlu ditambah rangkaian keknya, tapi rangkaian yang seperti apa ? Newbie sendiri masih belum tau sampai sekarang :(

Well, percobaan apaan sih yang dimaksud ?

Sebenernya untuk jaga-jaga aja, namanya juga emergency, yaitu pada waktu aki tidak kuat untuk melakukan starter mesin. Bisa macam-macam sih, misal dengan didorong tapi ini khusus transmisi manual dan perlu ada orang yang bantu dorong (kecuali jalan turun) dan tidak bisa dilakukan untuk transmisi matic. Cara lain dengan menggunakan cable jumper, sebenernya sih "cuman" kabel untuk menghubungkan aki mobil yang sehat untuk membantu starter mobil aki yang soak / tekor.

gambar 1 - kabel jumper

gambar 2 - cara jump start

Sep, di bagasi mobil newbie sudah dilengkapi kabel jumper, barangkali membutuh bantuan atau malah bisa membantu orang lain yang membutuhkan bantuan. Bentuk kabel jumper inipun macam-macam ada yang berupa kabel dengan clam saja, ada juga yang menggunakan soket rokok sehingga buat yang takut-takut urusan dengan aki bisa melakukan semudah colok soket rokok (praktis tapi ada kelemahannya). Untuk melakukan jump start tentu saja diperlukan mobil lain (atau aki lain) sebagai penolong aki yang soak.

Bagaimana bila tidak ada mobil lain yang bisa menolong ? Bisa aja sih bawa aki mobil cadangan, tapi aki mobil bukan tipe deep cycle yang artinya kalau dibiarkan terlalu lama tanpa ada proses charging maka kemampuan menyimpan listrik akan semakin berkurang dan akhirnya soak. Ternyata ada lagi produk "Emergency Jump Starter" atau "Portable Jump Starter". Sepertinya sih (newbie menduga-duga aja) isinya deep cycle battery sehingga "aman" untuk disimpan tanpa dicharge untuk jangka waktu yang relatif lebih lama daripada aki mobil. Tapi lagi-lagi newbie menduga ada rangkaian khusus agar battery tersebut dapat memberikan ampere yang cukup untuk melakukan jump starter. Sedangkan untuk mengisi listrik dari Emergency Charger ini tinggal mencolokkan ke listrik AC di rumah.

gambar 3 - Emergency Jump Starter - Portable Jump Starter

DIY : {roodeyz} mengganti setir Aerio Facelift

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5686526&page=61

buat yang mau bongkar/ganti setir oreo, ni ada dikit panduan..

ada 2 baut (ga tau baut apa skrup namanya ) bintang (bukan kembang yach.. ) di bawah setir. tuh dibuka tapi ga bisa lepas bautnya, emang ada penahan jadi jangan dipaksa atau congkel keluar, fungsinya cumabuat longgarin

gambar 1

gambar 2

Air intake aerio old model vs new model

Berkaitan dengan recall tentang air intake yang sudah lama berlalu, air intake 1st generation rawan menyedot air sewaktu lewatin banjir (baca sini).

Ini newbie tampilkan foto untuk aerio yang sudah diganti intake suctionnya dengan model baru, klik gambar untuk memperbesar :

gambar 1

gambar 2

yang dibungkus peredam aluminium adalah filter box, letaknya sejajar atau tepat dibelakang headlmap. Semoga dapat gambaran kira-kira lubang hisapan berada di mana

regards,
singachu

DIY : lepas console tengah, handle tuas transmisi, setel handrem via console tengah

Tools :
Tangan
Obeng Plus
Kunci 10mm (ring atau pas)

Step - step :

Pastiin mobil tidak menggelinding kalau handrem dilepas, bisa dengan ganjal roda / masukin transmisi ke gigi 1.

Tarik/Angkat pakai tangan dari belakang


gambar 1 - angkat pakai tangan

Terus cabut sampai ke tengah, belakang tuas transmisi

gambar 2 - tersambung sampai ke sini

DIY : cuci headlamp dan setel sorot lampu headlamp

Sabtu tanggal 23 Okt'10 barusan newbie coba melakukan cuci headlamp tanpa melepas mika.

gambar 1 - Atas Before, Bawah After

gambar 2 - Lampu Kanan Before

gambar 3 - Lampu Kanan After

{rizkyrizz} Report penggantian CMP Aerio

sumber :
http://www.kaskus.us/showthread.php?p=291264222#post291264222
http://www.kaskus.us/showthread.php?p=291386811#post291386811
http://www.kaskus.us/showthread.php?p=291459604#post291459604
http://www.kaskus.us/showthread.php?p=291852393#post291852393
http://www.kaskus.us/showthread.php?p=292007011#post292007011

9 Oktober 2010
Pagi all..

Oreo sedang dipanaskan.karena mo buru2 ke Beres veteran bintaro.

Berdasarkan laporan kakak ipar yg make oreo rabu kmrn, lampu check engine sering nyala trus mesin hampir mati2 kaya beberapa waktu lalu.

Kesalahan besar bwt ane yg minggu lalu ngebiarin mobil dan gk lgsg bawa ke beres

Skrg lg siap2 klo emg sensor ckd & cmp yg kena sperti kata om kijang

Hadeh belanja lagi

Laporan om.udah slesai dr beres.sempet muncul di scanner malfungsi cmp dan engine coolant.

Langkah pertama cmp dicopot trus dibersihin.
Stlh itu dpasang trus gw muter2 bentar sm org bengkelnya smbl ngobrol

Katanya siy klo cmp malfungsi total pasti mesin mpe mati om.

Skrg gw heading pasar cipete bwt bli cmp nya.mudah2an bs lbh murah dr om kijang

Ato punya om kijang mo jual ke gw aja? (baca : sini)

DIY : {kijangtua} pasang dudukan remote Head Unit Aerio

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=288867247#post288867247

iseng2 pengen masang dudukan remote di mobil... tapi dah malem nih... berhubung tangan dah gatel ya teruskan aja...
cari dilemari ketemu dobel tape... abis itu liat lokasi yang mana yang enak buat ditempelin, tapi gw gak mau bolongin... gw kan cowo baik2

nih dudukan yang mau gw tempelin.. di console box tapi gw gak mau lubangin consolenya... akhirnya ketemu juga ada bautnya tapi cuma 1.. tapi gapapa dah... copotin dulu bautnya...

gambar 1

siapin dudukan remote yang sudah ditempeli dobel tape...

gambar 2