Rabu, 29 September 2010

Informasi Dipstick tabung wiper di Aerio / Next G

Dulu waktu awal beli Aerio newbie sempat bertanya-tanya karena pada manual book terdapat "dipstick" untuk mengukur ketinggian air wiper yang ada di tabung cairan wiper sedangkan pada Aerio newbie tidak menjumpai hal tersebut. Sempat bertanya juga di thread di kaskus dan jawaban menyatakan hal yang sama yaitu tidak dijumpai "dipstick" tersebut. Beberapa waktu yang lalu pembicaraan sempat mengarah ke hal tersebut dan ternyata Next G bro Centraltech8 terdapat "dipstick" tabung wiper. Sekalian deh minta foto-fotonya, pingin melihat bentuk fisik sebenarnya seperti apa :)

Berikut hasil foto dari bro centraltech8

gambar 1

Senin, 27 September 2010

DIY : {centraltech8} kalibrasi meteran bensin Next G Facelift

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5019588&page=324

karena ada sedikit trouble pada indikator bensin
mk gw turun tangki lg terakhir turun tgl 17agustus2010
setelah turun tangki mulai kotor dikit2.. termsuk filter bensinnya uda mulai nampak pasir2 gitu yg nempel
kali ini gw gak turun full.. krn ngerjain sendirian kali ini.. gw cuma turun sparuh tangki di miring kan yg kiri asal fuel pump bs di cabut

gambar 1
pake cara lepas ban kiri blakang biar bs cabut dari samping

Sabtu, 25 September 2010

{roodeyz} menambah tinggi Aerio dengan karet

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=284856314#post284856314

Update status..
Skrang lg di well. Ga jadi pasang muka blakang, kan koh.nya blg klo yg gesrot cma blkang, jd stopper ckup pasang blakang aja. Jd ni garap pasang stopper belakang pake pnya mercy ma tambah karet buat tinggiin dkit. Yg depan cuma tambahin karet.. Ni lg bongkar, adek gw yg gw sruh tunggu, gw lg nongkrong di tunjungan plaza.. Kan sebelahan ma bengkel
habis 400 garap muka belakang
nambah tinggi 1 jari / cm, ntar malem tes di tol..

gak lihat pas dipasang karetnya.. soalnya tempat bongkar ban mobil di luar, pas digarap peernya di ruangan yang lebih kecil, gw nungguin dekat mobil. lamanya 3 jam garap muka belakang.

ni mobil pas digarap

gambar 1

ni peer belakang, dah pake stopper ma ditambahin selang/karet buat ninggiin dikit..

gambar 2

DIY : ganti karet stabil belakang Aerio

Hari ini (25 September 2010) berniat membersihkan rem 4 roda karena ada bunyi-bunyi yang kadang timbul sewaktu pengereman, dan ternyata memang teromol belakang kotorannya cukup tebal.
Sewaktu melakukan pembersihan terlihat karet stabilizer belakang, eh sekalian ganti deh, karena partnya dulu sudah sempat dibeli (harga 45.500 per piece) :D
Newbie tidak membahas lagi cara membersihkan rem karena sudah pernah diulas di sini http://otodiy.blogspot.com/2010/06/diy-membersihkan-rem-aerio.html

gambar 1 - part karet stabilizer belakang

gambar 2 - setelah dikeluarkan dari bungkusnya

Spooring Balancing di GBT Raden Saleh

Setelah pulang dari lebaran, tanggal 14 Sept 2010 menyempatkan diri untuk spooring balancing
Kondisi GBT Raden Saleh Surabaya sangat ramai dan mengantri.
DC Spooring 140 rb + Balancing 16rb x 4 ban = 204rb

Maaf foto kurang lengkap, nilai spooring sebelum diotak-atik kelupaan foto, keasikan baca-baca sih, yang jelas nilai Toe untuk Ban Belakang terlewat gede dan beda jauh antara nilai Toe kanan kirinya.

gambar 1

gambar 2

Minggu, 19 September 2010

DIY : {kijangtua} membuat suara menutup pintu Aerio / Next G bleepp !!

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5019588&page=253

sekedar share kali2 aja dah pada tau, tapi gak ada salahnya dishare...
usia oreo dah masuk 8 taon... waktu nutup pintu terutama kiri depan bunyinya braakkk... buseettt... kayak angkot ajah..

kalo mo bagus ya ganti karet pintu.. cuma kan mahal.. nah ada cara murah nih buat ngurangin bunyi braaakkk!!!....

setelah diselidiki sepertinya gara2 plastik pelindung yang dah terkikis... nih picnya.. liat bagian putih tsb... itu adalah besi.. sementara yang hitam adalah plastik... nah karna plastiknya dah terkikis makanya keliatan besinya.. nah besinya itu yang beradu...

gambar 1

{centraltech8} DIY : perbaiki peredam kap mesin Next G

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5019588&page=253

slesai ganti oli transmisi td...
msh ada waktu jd gw bersih2 ruang mesin.. akhirnya sampai ke peredam di kap mesin yg berbulu2 yg rontok2 n warnanya kotor ..

akhirnya gw memutuskan utk buka n bersihkan debu nya

gambar 1

{centraltech8} DIY : mengganti oli transmisi manual Next G

sumber :
http://www.kaskus.us/showthread.php?p=281210859#post281210859
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5019588&page=252

puter setir ke kiri mentox biar nampak lubang drain transmisi mau dongkrak jg boleh.. tp td gw gak dongkrak krn posisi parkiran pas uda miring ke kiri dikit

gambar 1 - ini olinya

gambar 2 - itu posisi baut drainnya

{AIC} Front Bumper Cap Aerio facelift hilang / copot

sumber : milis aerioindonesia@yahoogroups.com

gambar 1

gambar 2

No : 2 : CAP, FRONT BUMPER (LOCAL COLOR) 71712-54G50-ZXA Rp. 361.000

{rizkyrizz} informasi posisi jarum temperatur dan jarum bensin di Aerio / Next G Facelift

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5019588&page=249

kalo sempet minta fotoin donk posisi ampere minyak kalo saat mesin mati/ off
bukan acc yah om ane mau cocok kan setelan posisi awal nya


trus posisi ampere radiator jg boleh... tp yg penting si minyak


kalo berkenan aja om


by centraltech8


as ur request :
posisi indikator suhu dan bensin pas mesin mati om

gambar 1

gambar 2

sory agak silau om
semoga mobil om bisa di netralisir yah indikator2 nya

by rizkyrizz

{rizkyrizz} ganti engine mounting dan seal busi Aerio

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5019588&page=246

FR dikit ah tadi pagi ke cipete buat ganti :

Engine Mounting a.k.a Emon Kanan yang kondisinya udah lumayan parah. pantesan aja oreo ane geter parah.klo gk percaya tanya aja om sixth sense

gambar 1

{rizkyrizz} kopdar dengan kinoy dan pasang autolite 985

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=280731778#post280731778

gambar 1

Selasa, 14 September 2010

{centraltech8} DIY : membetulkan / menambal radiator yang bocor

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5019588&page=208

ternyata bner bocor nya di posisi atas pas ketumbur kondensor ac pas mau di selipin masuk kerjaan bengkel ac yg gak bner jadi nya gini deh
soal nya kalo kena batu posisi di dalem kalo kena kondensor pasti yg duluan

akhirnya gw cuci bersih trus lem pake araldite
ni lg nunggu kering besok pagi baru pasang lagi

buka radiator ternyata rumit juga ya cari posisi keluarin karena posisi nya sempit terhadang pipa ac

gambar 1

{ZicZac} custom grill, eye lid & bodykit add on Aerio

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=276407220#post276407220

bemper depan ane buat disatuin om...abis di add on di mal n di semprot satu full bumper dijamin ga belang. Cat2 ane ada yg lecet2 jadi mulus lg hehe. Ntuh masi pake bumper ori koq ga kliatan :) klo mau di standarin jg bs tinggal lepas n bs di repair dikit beres

gambar 1

Senin, 06 September 2010

DIY : {centraltech8} perawatan klakson Stebel Nautilus

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5019588&page=132

Klakson Stebel Nautilus mengandalkan putaran dinamo (motor listrik) untuk meniupkan angin sehingga klakson berbunyi dengan kencang. Terkadang terjadi kendala dengan bunyinya, berikut perbaikan/perawatan dari bro Centraltech8

Caranya :
  • cabut dinamo dari cangkang
  • bongkar dimano
  • semprot2 jalur anginnya tar kluar kotoran nya
  • setelah selesai tes di aki langsung muterin dinamonya biar nyembur angin (cangkang merah jgn pasang dulu) tar keluar dari lubang cairan yg kita semprot.. jgn lupa kasi kain biar gak kemana2 kotorannya
  • uda slesai baru pasang cangkang + kembaliin ke posisinya

gambar 1

Sabtu, 04 September 2010

{TeamIntegra} Header-Exhaust Design Effects on Engine Power

source :
http://www.team-integra.net/sections/articles/showArticle.asp?ArticleID=2
http://www.team-integra.net/sections/articles/showarticle.asp?ArticleID=3
http://www.team-integra.net/sections/articles/showarticle.asp?ArticleID=16
http://www.team-integra.net/sections/articles/showarticle.asp?ArticleID=17
http://www.team-integra.net/sections/articles/showarticle.asp?ArticleID=18

Some common questions I often get on Honda forums are:

a) Should I get a 4-2-1 (tri-Y) header or should I get a 4-1?
And
b) Which exhaust has a throaty deep sound and the best for my setup?

You may want to understand some basics about header and exhaust design, before making your decision about purchasing one, so that your choice will be an informed one.

You have to remember that it is called an exhaust SYSTEM for a reason.

Getting a header without considering how the header fits in with the cat and exhaust could prove to be a mistake you will regret in the future, if the header turns out to be incompatible with the other system parts.

The same can be said about an exhaust...it must be chosen with consideration for how the exhaust fits in with the header and cat design. You may not want to buy these parts without thinking about the other parts of the system.

They work together as a unit to extract as much exhaust flow speed as possible.

In this 5 page article, I'll try to show various aspects of both header and exhaust design and how these design characteristics affect your car's power output. This fairly long article is split and shortened into more specific sections elsewhere in the Articles Performance Engine Externals, if you are only interested in info specifically related to the header only or exhaust only.

{TeamIntegra} Exhause Basic

source : http://www.team-integra.net/sections/articles/showArticle.asp?ArticleID=47

The most commonly talked about modification, there are many myths and speculation regarding exhausts, so let's start of clean shall we? Yeah that's right, anything you might have in your head about what makes a good exhaust system whether it be thoughts on pipe size or misunderstanding of backpressure just forget about it for now.

The exhaust is responsible for carrying and expelling waste gases away from the engine as well as silencing the engine's noise output. Gasses leave the combustion chamber under extreme pressure and enter into the exhaust manifold. After the exhaust manifold joins the gasses from all the cylinders together, the gasses enter the catalytic converter where they undergo a process discussed in our Catalytic Converter (coming soon) article. After the gasses exit the catalytic converter, they enter into the B-pipe where there is usually a resonator to help silence some of the noise caused by the escaping of the pressurized gasses. After that the gasses enter into a specialized muffler where the majority of the silencing occurs and then are expelled out into the air.

The Basics

gambar 1

Kamis, 02 September 2010

{erwinherdiawan} oli rembes pada filter oli dan seal crankshaft

Cerita dari bro Erwin Herdiawan via YM. Beberapa waktu yang lalu Next G bro Erwin mengalami oli yang menetes seperti kejadian pada bro ZicZac.
Pada tanggal 27 Agustus 2010 dibawa ke BERES di Jogja, ternyata menetes dari O ring dan Oil seal di crankshaft. Selain mengganti seal juga dilakukan pergantian belt water pump dan belt AC.

Berikut rincian pengeluarannya :
No PartNama PartHargaInfo
09280-62003-000O RING20.363gambar 1-no 18
09283-41001-000OIL SEAL45.272gambar 2-no 11
16510-61A30-000Filter Oli78.090gambar 1-no 14
95141-50f01-000Belt Water Pump29.363gambar 2-no 26
17521-85300-000Belt (4PK-1010)35.454gambar 3-no 7
Jasa perbaikanCrankshaft Front Oil Seal350.000-
Jasa pergantianBelt Water pump dan Compresor AC100.000-
Jasa pergantianFilter50.000-
Subtotal-708.542-
PPN-70.854-
Total-779.396-
Pengerjaan yang dilakukan oleh 2 mekanik ini cukup lama dimulai jam 11:00 s/d 15.30 potong istirahat 1 jam.
Oli ditambahkan 1 liter (bawa sendiri). Hasil sampai sekarang ok tanpa ada rembesan sama sekali.

Rabu, 01 September 2010

{Galagajrut} ganti shock breaker Kayaba, bearing Koyo, cv joint LKS, karet boot as roda

sumber :
http://www.kaskus.us/showthread.php?p=268278157#post268278157
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5019588&page=100

Daftar belanjaan Aerio siang tadi (25 Agustus 2010) di BSD auto center (Sumber Cahaya) :
  1. Shock absorb depan Kayaba excel 1.1 jt ( yg Kayaba Ultra 775 rb )
  2. Bearing roda depan merk Koyo 160 rb X 2 ( kalau SGP 460 rb )
  3. As Roda depan bagian luar Kanan 220 rb
  4. Boot karet as roda bag dalam 2 pcs kanan kiri 100 rb

Lhoh kok mendadak Bokek yah......cruuuuuut........

gambar 1