Posts

Showing posts from January, 2010

{kijangtua} ganti kopling, CKP - CMP, CV Joint

kumpulan report bro kijang Jan 2010 berkaitan dengan ganti kopling, grease ulang cv joint, dsb. Merupakan kelanjutan dari pembelian part kopling set yang sudah dilakukan sebelumnya (baca di sini) serta pembelian sensor CKP (baca di sini)

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=159950480#post159950480

pada 26 Jan 2010 bro kijangtua posting :
langsung report...

habis dari bengkel... yang dikerjain
- ganti kopling (kopling, dekrup, deklaher, pilot bearing, sil kruk as)
- ganti grease cv joint atas bawah dan kiri kanan...
- pasang sensor crankshaft
- ganti drive belt ( 2 buah beltnya)
- setel dan bersihkan rem depan belakang
- ganti minyak rem
- ganti minyak kopling
- ganti minyak PS

total biaya jasa kena 300rb... orang bengkelnya bilang gini "kalo kemahalan bilang ya" tanpa nawar lsg gw bayar... soale di BERES ganti kopling aja kena 500rb

segera gw upload fotonya deh...

tenkyu..
---

DIY : {centraltech8} stel kekencangan setir Next G

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2021813&page=601


itu kan ada baut no 6.. itu yg di ketok.. di baut no 6 sepertinya ada cincinnya lagi.. cincin dilepas dulu.. krn bautnya gede maen ketok pelan2 ... sambil di tes... baut tersebut menahan plastick no 4... itu bahannya plastik... yg nahan gerakan kiri kanan steering... kalo tekanannya kurang setir liar banget kalo kekencangan mantap tapi pas belok setir gak mau balik lagi... mesti bantu pake tangan
plastik no 4 tu jarang rusak.. tp ada jualnya pernh liat di toko sparepart

baut no 15 n kedudukan no 3 yg mesti di kencengi kasus gue dulu seperti itu...  

----
hmmm newbie sempet salah pengertian dan tanya lagi ke bro centraltech8, berikut penjelasan ulangnya :

wah salah pengertian om yg di DIY itu termasuk utk nyetel kekencangan setir berat ringan hanya di baut no 6 utk mendorong per no 5 menekan plastic no 4 supaya gerak gearbok lebih berat

efek kalo kelonggaran setir liar bisa juga bunyi2 gleduk2 di sebelah kanan kalo kena lubang tapi kalo kena lubang di belokin setir(biar agak ketahan gitu) gak bunyi




nah.. kalo kencangi kedudukan gearbox steering itu di baut no 15 dan baut no 16 dikencangkan biar bushing no 2 yg di tahan plat no 3

maaaf berantakan om penjelasannya mudah2an di mengerti

tambahan : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3970483&page=288


2 panah merah itu baut kedudukan steering unit.. trus ada satu lagi di sebelah kanannya juga di kencengi tempatnya sempit jadi hati2 rada2 susah


by centraltech8

{erwinherdiawan} pasang strutbar NEXT G

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2021813&page=589

bro Erwin Herdiawan pesan dan pasang strutbar untuk NEXT G, bolt on tanpa memindah / memodif yang sudah ada.

beriku reportnya :
saya habis pasang strutbar di next-g 2003, total biaya habis: 400rb, pemasangan mudah, tidak ada yg dirubah".


gambar 1

DIY : bongkar saklar power window Aerio / Next G

Untuk Aerio / Next G old model. Kebetulan newbie ada masalah dengan power window yang kadang macet di sisi supir. Sampe saat ini newbie masih belum menemukan problemnya. Sebab dari sisi kelancaran naik turunnya kaca sisi supir adalah sangat lancar. Newbie bikin "balapan" turun antara sisi supir dan penumpang dengan menekan dua tombol sekaligus ke bawah, hasilnya sisi supir lebih cepat turun - selisih sekitar 5 cm lebih cepat. Demikian juga dengan naiknya juga lebih cepat. Ga tau dah ini motornya dah mulai rewel ato mungkin saklarnya..... Beberapa pengguna mereportkan saklarnya bermasalah, padahal harganya mayan euy.... coba iseng bongkar ah....


gambar 1

DIY : potong weatherstrip untuk atasi kaca film baret

Aerio / Next G untuk generasi awal memiliki kelemahan yaitu kaca film terutama sisi supir yang sering baret. Hal ini dikarenakan karet weatherstrip Aerio/Next G yang rapat ke kaca sehingga begitu kaca dilapisi oleh kaca film menjadikan kaca tersebut tertekan oleh weatherstrip. Weatherstrip ini yang terbuat dari karet ini seiring waktu akan mengeras dan ada penumpukan debu, maka yang terjadi selanjutnya adalah baretnya kaca film. Salah satu solusinya adalah mengganti karet ini dengan yang baru yang memiliki lapisan beludru. Meski demikian ada pengguna yang sudah menggunakan lapisan beludru tetapi masih mengeluhkan timbulnya baret.


gambar 1

DIY : buka door trim Aerio / Next G


gambar 1

Alat-alat :
  • Obeng minus
  • Obeng plus
  • kain

DIY : Test tegangan Aki

Hari ini (17 Jan 2010), Iseng ukur tegangan aki di mobil Aerio, kondisi mobil sudah beberapa hari tidak dipakai termasuk tidak dihidupkan sama sekali kira-kira sudah 7 hari.
Selama itu paling alarm yang nyala, standby.

1. Sengaja langsung ukur dulu tegangan aki tanpa menyalakan mesin.


 gambar 1

Hmm tegangan rada turun, 100% charged kan 12.66 volt. Wajar sih kepake ama alarm, turun dikit wajar aja nurut newbie.

DIY : {kinoy} buka bumper & lampu belakang Karimun

sumber : http://kaskus.us/showthread.php?p=155930510#post155930510

sumbangan dari bro kinoy

hari ini iseng buka bemper belakang karimun


alat yg dibutuhin:
1. obeng kembang
2. kunci sok 10mm.... gue pake kunci rachet
3. obeng - ato tespen buat buka soket lampu

cara kerja:
1. buka baut 10mm di bemper belakang.... 4 biji ada di bagian atas, 2 biji ada di bawah
 


show off peralatan bro kijangtua



show off peralatan bro centraltech8

gambar 1

Ganti Engine Mounting Aerio

sumber :
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2021813&page=533
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2021813&page=535

om aken_adika di kaskus melaporkan penggantian Engine Mounting Kanan dan Depan karena sudah retak, dengan perincian biaya :

11610-54601-000 Mounting Engine RH Rp.506.909
11720-62G00-000 Bush Comp, Engine FR Torque Rp. 250455
RH109 Ganti Engine Mounting Rp.103636
Harga udah diskon 10% utk member di NJS Bandung (Buat member 25rebu utk 1 tahun)
NJS = Nusantara Jaya Sentosa (nama Beres Di Bandung)

DIY : tambal karet cover socket headlamp

Wah headlamp berembun parah lagi nih, memang sih karet cover socket headlamp gua bermasalah alias robek, dulu sempet newbie tambal pake lem silicon bentuk tube, tapi kurang menempel sempurna ke plastiknya. Kebetulan masalah soket leleh sudah newbie betulin jadi untuk lampu tinggal karet cover socket doang nih yang mesti dibenerin. Beli ga ya ? Harga skitar 45 rb sebiji, kiri dan kanan berarti sekitar 90 rb an, ntuh baru di eparts sih ga tau kalo di toko.



Cara kerja kopling transmisi manual

Hmmm newbie dapet pertanyaan ujian dari suhu the_sixth_sense aka kinoy nih soal kopling. Ya sudah sebagai murid teladan newbie coba menggabungkan ilmu-ilmu yang telah ditimba dari berbagai pelosok internet dan mencoba merangkumnya dalam blog ini, moga-moga pengertian newbie tidak tersesat ! Kalau terlihat banyak mirip dengan situs-situs di internet ya harap maklum wong memang copy paste comot sana sini dan dirangkum jadi semacam kliping....

Ok dah mulai....

Bearing - pengertian sederhana

Bearing / Laher / Klaker- gunanya untuk membuat bantalan dari bagian dalam (inner race) dan luar (outer race) bergerak/berputar dengan lancar satu terhadap yang lain dengan gesekan yang minimal. Ada macam-macam bearing, tapi secara prinsip sama yaitu agar bagian dalam (inner race) dapat berputar terhadap bagian luar (outer race) secara smooth / halus.

Newbie coba jelaskan mengenai salah satu bearing yaitu ball bearing, berikut adalah gambarnya :


gambar 1

DIY : buat sendiri filter blower AC

Berawal dari baca-baca di aeriostyle.com mengenai filter kabin atau filter blower AC. Jadi gatal tangan pingin mencoba. Sebenarnya sudah ada filter kabin jadi yang bisa dibeli di Dealer AC Denso, harga kalau tidak salah sekitar 300rb. Beberapa Aerio ternyata sudah ada yang terpasang, mungkin pemilik sebelumnya sudah pernah memasangnya..... yang jelas di Aerio Newbie masih belum terpasang.

Bahan dan alat :
  • Kawat tanaman/kotak-kotak/ram, 13rb per meter (dipakai sedikit saja) dipakai sebagai penguat bahan filter.
  • Bahan filter, newbie pakai bahan untuk filter aquarium, kebetulan sisa-sisa dulu pelihara ikan, newbie punya yang lembaran lebar, biasa juga dijual sudah potongan. Bahan lain yang mungkin terpikir adalah kain strimin, bisa juga kain tile dilapis-lapis. Intinya tidak perlu terlalu rapat juga biar tidak mengurangi tiupan angin.
  • Flakban / cloth tape / duct tape.
  • Obeng plus.
  • Cutter.
  • Tang potong.
  • Gunting.

DIY : bikin sendiri klip box filter yang hilang

Udah lama sih kejadiannya, berhubung waktu ambil foto-foto ruang mesin, jadi pingin pasang juga di blog :D. Di box filter Aerio terdapat dua buah klip logam, entah mengapa tau-tau satu buah klip hilang. Sudah coba cari-cari toko yang menjualnya tetapi tidak dapat. Kebanyakan menerangkan kalau klip itu dijual sepaket dengan box filternya yang mencapai harga 600rb. Edan euy cuman klip doang. Pelajari klip satunya lagi yang terpasang, ternyata memang bisa dilepas / terlepas. Bikin sendiri dari bekas klip heatsink prosessor, tekuk-tekuk dan bisa terpasang sempurna. Sekalian sebagai pengaman diikat tali aja biar kalau terlepas tidak sampai hilang lagi.


 klip jadi-jadian

DIY : pasang kabel relay set untuk headlamp

Waktu jalan ke Kedungdoro, teringat akan soket lampu depan (headlamp) sebelah kiri yang leleh. Berawal dari lelehnya soket tahun 2008 yang lalu (baca di sini) kemudian setelah terpasang lampu yang baru sempat mau lepas soketnya dan tidak bisa. Jadinya ingin memperbaikinya dan sekalian memasang kabel relay set untuk headlamp. Beli aja deh kabel set nya.

Sayangnya waktunya agak buru-buru pasang berpacu dengan waktu dan hujan, sebab mesti kelar kalau tidak mobil bisa-bisa ga pakai lampu.... jadinya ga sempet memfoto deh. Ditambah kerjaan yang rada bikin pusing yaitu lelehnya soket sebelah kiri yang berakibat soket dan lampu Osram NBR tidak bisa dilepas.



DIY : karet balon tambahan di area mesin

Ide didapat dari bro centraltech8 untuk menambah karet balon di area "firewall" - kap mesin, agar panas mesin tidak naik melalui sela-selanya sehingga tidak membuat kaca depan menjadi panas dan potensi menimbulkan embun di kaca. Memang tidak akan benar-benar mensolve masalah embun bila memang kisi-kisi AC di bawah kaca depan ada kebocoran.



DIY : Perbaiki pompa angin manual

Karena ada komentar blog http://otodiy.blogspot.com/2009/11/diy-isi-angin-ban-dengan-pompa-manual.html yang berisi pertanyaan tentang perbaiki selang pompa angin manual yang bocor, newbie buat foto-foto tentang perbaikannya. Pompa angin manual yang newbie punya pernah rusak, baik "meleduk" maupun bocor di cop pentilnya.



DIY : tambal koil bocor



Flashback ke Februari / Maret 2009. Aerio 2003 milik newbie terasa rada tersendat-sendat, terasa sesekali saja dan kadang mesin terasa bergetar dikit-dikit aja terus normal lagi, begitu seterusnya. Pemakaian AC lebih sering terasa juga. Pada saat idle juga tetap terasa det-det-det.....

DIY : {centraltech8} grease rack end kiri supir

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2021813&page=445

di grease ulang bila perlu... karena geraknya gak terlalu seperti as roda.. grease masih bagus...
cuma di cek kalo2 karet bootnya bocor kemasukan pasir bisa rusak rack end...
yg posisi sebelah kiri supir ini terdapat gigi2 yg bergerak keluar masuk seperti pada panah



 

DIY : {centraltech8} karet link stabil depan

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2021813&page=445




dongkrak mobil

trus buka 2 baut ukuran 12
sebelah2 kalo mau ganti..
posisi ganti karet depan lebih sulit karena sempit n gede linknya...


DIY : {centraltech8} alat buka bearing

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2021813&page=445



DIY : {centraltech8} buka dan grease bearing belakang next-g

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2021813&page=444
tambahan dari : http://otodiy.blogspot.com/2009/12/diy-centraltech8-perbaiki-bearing-roda.html

warning : bandwidth killer, banyak gambar


gambar 1

DIY : {centraltech8} buka spion elektrik next-g

Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2021813&page=453




iseng2 td abis nyuci mobil.. lumasain gigi gerak spion biar lancar